Mengenal Administrasi Publik/Negara

/
0 Comments

Apa sih administrasi negara itu? Apakah tentang menghitung? Apakah tentang TU yang biasa kita lihat sehari-hari? Atau yang lain?


Assalamu'alaikum fellas!
Meski terik matahari menyengat, tetapi semangat harus tetap kuat.
Hari ini, seperti yang dilakukan para fresh graduate, aku membuka situs-situs yang memberikan info lowongan pekerjaan. Sambil menyeruput susu kedelai di depan laptopku, aku mencari-cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keilmuku atau yang sedang mencari 'S1 semua jurusan'. Tapi itu hanya sedikit.
Mencari pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan. Sama seperti mengerjakan Skripsi. -_-

O ya, aku lulusan program studi S1 Ilmu Administrasi Negara di perguruan tinggi negeri terakreditasi B di Surabaya (I'm sure you know where I study at). Sebagai seorang fresh graduate yang sedang menganggur, aku berpikir kenapa tidak membuat diriku bermanfaat untuk orang lain dengan memposting tentang bidang keilmuanku? Siapa tahu ada yang membutuhkan.
SIAPA TAHU KAN?!

Oke, dimulai dari Apa sih Administrasi Negara/Publik itu?

Secara etimologis alias per kata, ADMINISTRASI adalah keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dua orang atau sekelompok orang atau lebih yang terlibat dalam suatu bentuk usaha kerja sama demi tercapainya tujuan yang ditentukan sebelumnya (menurut Siagian) dan NEGARA adalah Pemerintah beserta masyarakat.
Jadi, ADMINSTRASI NEGARA adalah keseluruhan proses pelaksanaan kegiatan pemerintah, baik pusat maupun daerah, demi tercapainya tujuan negara yang telah dimuat dalam Undang Undang Dasar 1945. Tau kan tujuan negara di pembukaan UUD 1945?

Jadi, kalo diartikan ke dalam definisi program studi, maka program studi administrasi negara adalah program studi yang mengajarkan baik teori maupun praktik mengenai bagaimana mengelola sebuah pemerintahan melalui politik, kebijakan, manajemen publik serta otonomi daerah. Dan tak lupa juga hukum tata negara.

Banyak hal sebenarnya yang dipelajari di Administrasi Negara. Ada tiga inti yang dipelajari di administrasi negara, yaitu: Kebijakan Publik, Manajemen Publik dan Otonomi Daerah.
Di kebijakan publik, kalian akan mempelajari analisis kebijakan, isu2 perkotaan, implementasi kebijakan sampai evaluasi kebijakan.
Di manajemen publik, kalian akan mempelajari manajemen (manajemen strategi, manajemen SDM, manajemen perkantoran, analisis jabatan dll), pelayanan, perilaku organisasi, CSR, dan semacamnya.
Sedangkan di otonomi daerah, kalian akan mempelajari tentang pemerintah daerah, organisasi2 di dalamnya, berbagai urusan dan pembagiannya, masalah pembangunan, administrasi pembangunan, dll.

Semacam itulah.
Dan itu yang selama ini aku pelajari.
Nggak lupa juga diajari etika administrasi negara dan hukum administrasi negara biar ntar kalo jadi pejabat punya etika yang baik dan paham hukumnya.

Thats It!
Semoga bermanfaat.


You may also like

Tidak ada komentar: