Serba Salah: Kasih ke Pengemis atau enggak?

/
0 Comments

Ada fenomena yang sebenernya dari dulu pengen aku kupas.
Ini tentang PENGEMIS!

Menurutku, banyak Pengemis sekarang ini yang (maap) "TUKANG TIPU"!
Maksudku, sekarang ini, banyak pengemis yang PURA-PURA! --> pura-pura lemah, pura-pura cacat, pura-pura loyo, pura-pura kumal, pura-pura nggak punya rumah, .... dan segala kepura-puraan mereka yang lain. Bahkan nih, ada juga yang udah nggak pake' kepura-puraan. Langsung nodong minta duit. Biasanya yang ngelakuin hal ini anak-anak, agak ABG gitu.
Kok aku bisa bilang kayak gitu?
Karena aku pernah mengalami sendiri. (yah, sapa coba yang nggak pernah berurusan sama pengemis)


Waktu itu aku lagi duduk-duduk santai di kedai teh di dalem Pasar Wonokromo Surabaya. Eh, pas enak-enak nungguin es nya dibikin, tiba-tiba ada anak muncul sambil menengadah dan bilang, "Mbak, minta duitnya mbak. Belum makan mbak. ..... Ayolah mbak. Minta duitnya mbak."
Begitu aku geleng-geleng untuk menandakan ketidakmauan, tuh anak langsung bilang, "Pelit sampeyan mbak....", sambil ngomel gak jelas (rada' nggak denger tuh anak ngomong apaan). Terus dia pergi ke yang lain.
Hhhhh...... yang kecil aja udah diajarin buat NGEMIS.... ??

Apalagi setelah membaca berita dari detikNews tentang pengemis yang jadi jutawan di kampungnya. Belum lagi orang yang pura-pura jadi cacat. (Astagfirulaahh. . .) Moga aja tuh orang nggak jadi cacat beneran.

INI BENAR-BENAR IRONIS!

Inilah kenapa aku bilang "Indonesia Krisis Iman" ----> Koruptor menggila, ngemis jadi pekerjaan yang menjanjikan, tindak asusila yang sepertinya mulai jadi biasa buat orang-orang kita (liat aja kelakuan orang-orang yang 'kepergok' lewat tipi). (Naudzubillaahh...)

Kalo keadaannya kayak gini, aku, yang awalnya pengen sedekah, jadi ngerasa gimanaaaa gitu. Kadang juga duit yang mereka (*pengemis) dapet, dipakai buat beli hal yang gak bermanfaat ----> Rokok, miras, dll. Dan juga, setelah tau bahwa banyak pengemis yang udah lebih kaya' dari kita, rasanya jadi nggak respect ama pengemis. Padahal, (mungkin) masih ada pengemis di luar sana yang emang bener-bener butuh sedekah kita. Tapi gara-gara kelakuan para 'Tukang Tipu' itu jadi pandangan kita ke pengemis jadi negatif terus.

Jadi.... gimana dong? Mau tetep ngasih atau enggak??


Kalo kata bapakku, "Ya udahlah. Kita kan niatnya sedekah. Kasian liat orang kayak gitu. Kalo ternyata mereka cuma pura-pura, ya.... itu urusan dia ama Yang Diatas..."
Sedangkan kalo kata ibukku, "Liat-liat dulu aja orang yang mau kita kasih. Kalo sekiranya dia masih segar bugar, mending nggak usah. Mending kita ngasih sedekah ke orang yang kita udah tau kalo dia memang kurang mampu...."

Bijak kan bapak-ibukku??? :D


Kalo kalian, gimana cara menyikapi hal seperti itu?
Pernah punya pengalaman langsung?
Share Yuukk. . .


You may also like

Tidak ada komentar: