Analisis Model Sistem Administrasi Negara Kelurahan Doromukti Kecamatan Tuban

/
0 Comments


Merujuk pada UU No. 32 Tahun 2004 tentang pemerintah daerah, Kelurahan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan. Dalam konteks otonomi daerah di Indonesia, Kelurahan merupakan wilayah kerja Lurah sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau kota. Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa. Berbeda dengan desa, kelurahan memiliki hak mengatur wilayahnya lebih terbatas. Dalam perkembangannya, sebuah desa dapat diubah statusnya menjadi kelurahan (Wikipedia).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 73 Tahun 2005 tentang Pemerintah Kelurahan yang merupakan dasar dalam menuju masyarakat yang berkembang yaitu kelurahan tidak lagi menjadi level administrasi, tidak lagi menjadi bawahan daerah tetapi menjadi masyarakat yang mandiri. Sehingga setiap masyarakat yang berada pada lingkungan kelurahan berhak untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat sesuai dengan kepentingannya sendiri. Disini harus dipahami bahwa kelurahan merupakan suatu kesatuan hukum yang memiliki hak dan kekuasaan dalam mengatur dan melayani semua kebutuhan dan kepentingan masyarakatnya menuju kesejahteraan.

Kelurahan Doromukti adalah salah satu Kelurahan di Kecamatan Tuban. Terletak 1,5 km dari Kecamatan Tuban sendiri dan 2 km dari pusat Kebupaten Tuban. Kelurahan Doromukti sendiri berawal dari sebuah desa yang bernama Desa Doromukti. Desa Doromukti berubah menjadi Kelurahan Doromukti ketika terbitnya Peraturan Pemerintah tentang Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan.

Untuk memahami bagaimana penerapan sistem administrasi Negara secara nyata, maka Program Studi S1 Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Surabaya mengadakan Perkuliahan Luar Kelas (PLK). PLK dilakukan untuk mengamati, memahami, menganalisis sistem administrasi Negara yang ada di Kelurahan/desa tersebut (apakah sudah sesuai dengan apa yang telah dipelajari) dan menjadi sebuah pengalaman untuk masa depan.


Untuk membaca lebih lanjut, silakan unduh dibawah ini:
Unduh Di Sini


You may also like

Tidak ada komentar: